AssaLaamu'alaikum Wr.Wb

SeLamat Datang d Blog Azie...:)

Rabu, 29 Februari 2012

Definisi IPS dan Tujuan IPS


Dalam kajian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terdapat beberapa istilah yang kadang-kadang sering diartikan secara tumpang tindih antara yang satu dengan yang lain. Istilah-istilah tersebut adalah studi sosial (social studies), ilmu-ilmu sosial (social sciences) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS). Meskipun pada masing-masing istilah itu sama-sama terdapat kata-kata “sosial”, tetapi dalam pengertian dan maknanya ada perbedaan.
Studi sosial (social studies) merupakan suatu studi yang mengkaji dan menelaah gejala-gejala serta masalah-masalah sosial yang berhubungan dengan perkembangan dan stuktur kehidupan manusia. Studi sosial juga lebih menekankan pada pendidikan kewarganegaraan yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keahlian, nilai-nilai serta partisipasi sosial. Tujuannya yaitu untuk menumbuhkan warga negara yang baik.
Selanjutnya tentang ilmu sosial (social sciences) didefinisikan oleh Achmad Sanusi yaitu ilmu sosial terdiri atas disiplin-disiplin ilmu pengetahuan Sosial yang bertaraf akademis dan biasanya dipelajari pada tingkat perguruan tinggi.  Dari pengertian ini terkandung makna bahwa semua disiplin ilmu yang mengkaji tentang tingkah laku kelompok umat manusia tergolong ke dalam kelompok ilmu-ilmu sosial (social sciences).
Kemudian, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai ke pendidikan menengah. Bahkan pada sebagian Peguruan Tinggi ada juga dikembangkan IPS ini sebagai salah satu mata kuliah, yang sasaran utamanya adalah pengembangan aspek teoritis, seperti yang menjadi penekanan pada social sciences. Pada jenjang penndidikan dasar, pemberian mata pelajaran IPS dimaksudkan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan kemampuan praktis, agar mereka dapat menelaah, mempelajari dan mengkaji fenomena-fenomena serta masalah sosial yang ada disekitar mereka. Khusus untuk IPS yang diajarkan di SD/MI berdasarkan suplemen GBPP 1999 dinyatakan bahwa IPS adalah suatu mata pelajaran yang mengkaji kehidupan sosial yang bahannya didasarkan pada kajian sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, dan tata negara.
Tujuan pembelajaran IPS adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir, sikap dan nilai peserta didik sebagai individu, anggota masyarakat, makhluk sosial dan budaya, agar nantinya mampu hidup di tengah-tengah masyarakat dengan baik. Dalam buku lain, menjabarkan tujuan kurikuler IPS yang harus dicapai sekurang-kurangnya meliputi hal-hal berikut:
a.       membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat;
b.       membekali peserta didik dengan kemapuan mengidentifikasi, menganalisa dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat;
c.       membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian;
d.      membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, dan keterampilan terhadap lingkungan hidup yang menjadi bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan; dan
e.       membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembagan kehidupan, perkembangan masyarakat, dan perkembangan ilmu dan teknologi.



Tidak ada komentar:

Pengikut